oleh

Penyabar Nakhe Turun Gunung Bawa Aspirasi Masyarakat Terkait Penguatan Sinyal 4G & Pembentukan PSAWI di Kepulauan Nias

Mediafonna.id | Nias- Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara, Fraksi PDIP, Penyabar Nakhe, mengungkapkan jika ia telah mengunjungi PT. Telkom cabang Gunungsitoli pada hari Senin (19/12) untuk menyampaikan aspirasi masyarakat terkait jaringan internet dan seluler yang sulit terakses di beberapa desa yang ada di Wilayah Kepulauan Nias.
Adapaun beberapa desa tersebut antara lain Desa Tuhegafoa II, Mado Laoli, Hiliamaetaluo, Hilisaotoniha, Tetezou, Ononamolu Tumula, Lologolu, Siwalubanua Kec. Somambawa, daerah Pulau-Pulau Batu, dan desa lainnya di Kep. Nias.

“Saya ini kan anak buahnya rakyat, makanya saya datang ke Telkom Gunungsitoli ini untuk menyampaikan aspirasi rakyat agar hal ini bisa dibantu Telkom Gunungsitoli, sehingga masyarakat bisa merasakan akses seluler dan jaringan yang memadai,” ungkap Penyabar Nakhe, Senin (26/12) siang.

Ia mengatakan, kedatangannya pada saat itu langsung disambut Pimpinan dari PT. Telkom Gunungsitoli, Juna Siburian.
“Kita disambut dengan baik dan oleh karena itu kita berterima kasih atas respon dari pihak Telkom,” katanya.

Pada Kesempatan tersebut, Penyabar Nakhe menuturkan, pihak PT. Telkom Gunungsitoli memberitahukan bahwa mereka sedang mengerjakan pemasangan jaringan Fiber Optik yang dapat memperkuat sinyal seluler dan 4G di wilayah Kabupaten Nias Selatan, terlebih memperkuat jangingan 4G di Pulau-Pulau Batu.

Namun, kata Penyabar Nakhe, dari pertemuan tersebut pihak PT. Telkom Gunungsitoli menyampaikan beberapa kendala.
“Kendala yang dihadapi di lapangan seperti di Kecamatan Fanayama, masih ada masyarakat yang belum memperbolehkan Fiber Optik melalui lahannya,” bebernya.

Merespon hal tersebut, Penyabar Nakhe menyatakan siap mengupayakan agar penguatan jaringan 4G hingga ke Pulau-Pulau Batu ini tetap bisa berjalan.
Menindaklanjuti itu, Penyabar Nakhe pun menuju ke Telukdalam untuk berkoordinasi dengan Mitra Telkom yang ada disana.

Pada siang itu, usai pertemuan dengan Pimpinan Telkom Penyabar Nakhe menyambut kedatangan Atlet Ski Air dan Wakebord yang merupakan Putra-Putri Kep. Nias di VIP Room Bandara Binaka yang baru saja medali emas, perak dan perunggu pada Kerjurnas di Jakarta.

Beranjak dari situ, kemudian ia mengantarkan rombongan kembali ke rumahnya di Sorake.

Malam itu, Penyabar Nakhe melanjutkan pertemuan dengan Camat Luahagundre dan Kades Lagundri untuk memberikan dukungan pada potensi olahraga air itu dengan mengupayakan dibentuknya cabang olahraga yaitu Persatuan Ski Air & Wakebord Indonesia (PSAWI) di Kabupaten Nias Selatan. Juga bertemu dengan Camat Fanayama untuk mencari solusi terkait solusi masalah pada pengerjaan fiber optik yang melintasi Kec. Fanayama.

Kembali pada perihal upaya penguatan jaringan 4G itu, Penyabar Nakhe keesokan harinya bertemu dengan mitra Telkom di Sorake Selasa (20/12).
Setelah bertemu dan berkoordinasi, ia menghubungi salah seorang tokoh masyarakat yaitu Pdt. Dr. Foluaha Bidaya, S.Th., M.Th yang juga merupakan Ephorus BKPN untuk membantu menyampaikan pemahaman kepada masyarakat terkait pentingnya dukungan masyarakat dalam upaya penguatan sinyal 4G di Kabupaten Nias Selatan.

Akhirnya, setelah melakukan komunikasi dengan berbagai pihak, upaya yang dilakukan untuk membantu pengerjaan penguatan jaringan 4G tersebut membuahkan hasil dan masyarakat mengizinkan lahannya dilalui oleh jaringan fiber optik.

Mengakhiri agenda kerjanya di Kabupaten Nias Selatan, Penyabar Nakhe mengunjungi Desa Adat Bawamataluo untuk meninjau progres pengerjaan Home Stay yang merupakan bantuan dari Dinas Kebudayaan & Pariwisata Provsu bersama perwakilan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara, Junaidi Purba, Perwakilan Disbudparpora Kabupaten Nias Selatan.

Kemudian melanjutkan agenda berikutnya dengan menghadiri rapat di Kantor Camat Luahagundre sehingga 2 klub Ski Air telah terbentuk dan memenuhi syarat untuk pembentukan induk cabang olahraga PSAWI di Kabupaten Nias Selatan. (Red/KZ)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed