oleh

Wawako Gunungsitoli hadiri Doa Bersama kegiatan TMMD ke 110 Tahun 2021 diwilayah Kodim 0213/Nias

FONNA.ID, Gunungsitoli – Pelaksanaan kegiatan TMMD Ke 110 tahun 2021 di hadiri oleh Wakil Wali Kota (WaWaKo) Gunungsitoli, di dalam acara tersebut Tema yang diusung adalah ” TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri” yang dilaksanakan di wilayah Kodim 0213/Nias kerjasama dengan Pemkot Gunungsitoli, buka badan jalan sepanjang 6 Km penghubung antar desa, tepatnya antar Desa Loloanaa Lolomoyo dengan Desa Gawu-Gawu Bouso Kecamatan Gunungsitoli Utara dan Desa Loloanaa Lolomoyo Kecamatan Gunungsitoli Utara dengan Desa Nikootatano Da’o Kecamatan Gunungsitoli Alo’oa Kota Gunungsitoli. Hari ini, Pra TMMD Ke 110 TA 2021 ini dimulai dengan kegiatan doa bersama masyarakat. Rabu, 10/2/2020.

Kegiatan doa bersama di acara pelaksanaan Pra TMMD ini, yang dilaksanakan oleh Kodim 0213/Nias bersama dengan Pemko Gunungsitoli, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan warga desa dengan tujuan untuk memulai pekerjaan agar seluruh rangkaian kegiatan dapat Ridho dari Tuhan Yang Maha Kuasa sehingga berjalan dengan lancar dan tercapainya sasaran kegiatan.

Dandim 0213/Nias (Letkol Inf TP. Lobuaan Simbolon) menjelaskan bahwa kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke 110 tahun 2021 ini, berkerjasama Pemerintah Kota Gunungsitoli sesuai dengan tugas TNI Nomor 34 tahun 2004 tentang Operasi Militer Selain Perang membantu pemerintah daerah guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Lanjutnya, sasaran Ouputnya dari kegiatan sasaran fisik yaitu meningkatkan pembangunan di daerah, menghubungkan jalan antar desa, meningkatkan perekonomian dan pertahanan wilayah dari ancaman. Outcomenya, memperlancar akses jalan antar desa, memudahkan pergeseran alutsista TNI, meningkatkan pendidikan dan mempermudah pelayanan barang dan jasa.

Adapun sasaran fisik dijelaskan oleh Dandim 0213/Nias, pembukaan badan jalan sepanjang 6 Km,lebar 8 Meter, penggalian parit sepanjang 12.000 M, lebar 1 M, dan dalam 1 Meter. Pengecatan rumah ibadah, di Desa Loloana’a Lolomoyo, Desa Gawu-gawu bouso dan di Desa Nikootano Dao. Sementara untuk sasaran non fisik, merupakan penyuluhan kepada masyarakat seperti wawasan kebangsaan, narkoba & kamtibmas, hukum, KB kesehatan, posyandu, stunting, penyakit tidak menular, bahaya Covid-19 dan sosialisasi vaksinisasi covid-19. Ujarnya..

Ia menambahkan personel dari TNI yang melaksanakan TMMD ini, khusus yang didatangkan dari luar pulau nias, akan tinggal di rumah-rumah warga sebagai orangtua asuh mereka dan uang makan mereka akan kami berikan kepada orangtua asuhnya karena TNI adalah Rakyat.

Ditempat yang sama Kades Loloana’a Lolomoyo, Hepis Krisman Zega,S.Pd mengatakan, kegiatan TMMD di wilayahnya sangat menyambut baik, sangat mendukung bersama dengan warga. Ujarnya

Wakil walikota Gunungsitoli, Sowa’a Laoli,SE.M.SI mengatakan program TMMD merupakan program kemitraan antara Pemko Gunungsitoli TNI dan dalam meningkatkan kesejateraan masyarakat, membuka akses jalan antar desa, kecamatan. Ia berharap untuk seluruh tokoh masyarakat untuk memberikan dukungan penuh, bergandengan tangan dalam menyukseskan kegiatan yang dilaksanakan oleh TNI. Selanjutnya ia berharap agar PU memberikan perhatian khusus dalam meningkatakan jalan ini kedepan. Tegasnya

Anggota DPRD Kota Gunungsitoli Atieli Zebua, mengatakan sangat menyambut baik dan apresiasi, sehingga dapat bermanfaat kepada masyarakat dan ia mengharapkan agar masyarakat dapat secara bersama-sama dalam menunjang kegiatan TMMD ini yang dilaksananakan oleh Kodim 0213/Nias. Ucapnya singkat.

Penulis : Kurniaman

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed