oleh

Sekda Terima Kunjungan Lapangan secara Virtual Kemen Kominfo Mengenai Smart City

-NEWS-352 Dilihat

FONNA.ID, Tangerang – Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Moch. Maesyal Rasyid menerima kunjungan lapangan Kementrian Komunikasi dan Informatika RI secara virtual yang dilakukan di Ruang Rapat Bapeda Kabupaten Tangerang. Senin, 7/06/2021.

Sekretaris Daerah mengatakan Program Smart City adalah upaya perwujudan pengelolaan kota yang memanfaatkan berbagai sumber daya secara efektif dan efisien guna menyelesaikan berbagai persoalan dengan menggunakan solusi inovatif, terintergrasi, dan berkelanjutan untuk menyediakan infrastruktur dan memberikan layanan yang dapat meningkatkan kualitas hidup bagi masyarakat secara luas.

“Merespon terhadap pentingnya program Smart City ini, Pemkab Tangerang melakukan inovasi layanan publik secara massive di berbagai lini sektor bidang yang menyentuh langsung kepada kebutuhan dasar masyarakat kita,” ungkap Sekda saat kunjungan secara virtual.

Adapun inovasi yang dilakukan Pemkab Tangerang diantaranya, Program Bank Sampah dan Maggot dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan yang mewakili dimensi smart environment; Program Si Awak Cageur dari Rumah Sakit Umum Daerah Balaraja mewakili dimensi smart living; Program Sibamas dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah mewakili smart economy; Program Sipinter dari Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu mewakili smart branding; Program I-tangkab dari Dinas Perpustakaan dan Arsip mewakili smart society; Pembayaran multi kanal dari Badan Pendapatan Daerah mewakili smart governance.

“Kita tidak lagi menginginkan masyarakat kesulitan dalam menerima pelayanan publik karena prosedur yang berbelit-belit, sistemnya masih manual dan waktunya lama. Pelayanan publik harus cepat prosesnya dan mudah diakses,” tutur Sekda.

Salah satu Pendamping Konsultan Smart City Kabupaten Tangerang, Dr. Harya Widiputra dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI menambahkan program unggulan yang digagas pemkab khususnya, terus kita evaluasi dan dilakukan pemantauan objek, sejauh mana manfaatnya bagi masyarakat.

“Kita tinjau langsung program yang telah digagas untuk menuju Smart City, sejauh mana pelaksanaannya selama tiga tahun ke belakang,” tuturnya.

Pemkab Tangerang pada Tahun 2019 lalu menjadi bagian dari 100 kabupaten/kota yang berhasil meraih dan mencapai target sebagai seratus (100) kota/kabupaten terpilih yang menerapkan Smart City. Penerapan Smart City ini tentunya mengedepankan pelayanan masyarakat Kabupaten Tangerang.

Red/Frans/Diskominfo

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed