oleh

KPU Kota Gunungsitoli Lantik 303 PPS Pemilu Tahun 2024

Mediafonna.id|Nias – Komisi Pemilihan Umum Kota Gunungsitoli lantik sebanyak 303 Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilihan Umum Tahun 2024 dari 98 desa 3 kelurahan di 6 kecamatan se – Kota Gunungsitoli – Sumatera Utara yang dilaksanakan di Gedung STT Sunderman jalan Pendidikan No. 19 Selasa (24/01/2023).

Turut hadir, Anggota KPU Kota Gunungsitoli (Juliman Harefa, Darni Saleh Baeha & Fajar Zalukhu), Anggota Bawaslu Kota Gunungsitoli (Nur Alia Lase), Wakil Ketua DPRD Kota Gunungsitoli (Imanuel Ziliwu), Kesbangpol Kota Gunungsitoli & 4 orang Camat, serta seluruh PPK se Kota Gunungsitoli.

Acara tersebut diawali dengan laporan kegiatan sekretaris KPU Kota Gunungsitoli, pengambilan sumpah dan penandatanganan pakta integritas kepada anggota PPS yang telah ditetapkan sebagaimana tahapan hasil seleksi sebelumnya dan diteruskan dengan kata-kata sambutan, arahan dan bimbingan.

Sebagaimana pada pengumuman sebelumnya penetapan hasil seleksi Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kota Gunungsitoli Pemilu 2024 yang di keluarkan Ketua KPU Kota Gunungsitoli Firman Novrianus Gea tanggal 23 Januari 2023 No. 35/PP.04-Pu/1278/2023.

Firman Novrianus Gea Ketua KPU Kota Gunungsitoli dalam arahan dan bimbingan yang disampaikan mengatakan bahwa “inilah rangkaian tahapan demi tahapan Pemilu yang dilaksanakan KPU, kepada PPS ingat tanggal Pemilu yang akan dilaksanakan tahun 2024 yang akan datang, dalam perekrutan PPS yang dilantik hari ini adalah hasil yang terbaik dari yang baik atas hasil pleno lima orang komisioner berdasarkan hasil wawancara tree record masing-masing calon, dalam hal ini KPU Kota Gunungsitoli telah bekerja semaksimal”.

“Saat ini saudara semua adalah jajaran dari KPU sebagai penyelenggara pemilu ditingkat Kecamatan dan tingkat Desa. Diminta kepada saudara-saudari untuk tetap solid dan satu komando. Lebih penting lagi, jangan sampai PPS tidak mengetahui tahapan pemilu dan jadwal dilaksanakannya pemilu. Malu kita bila ada publik yang bertanya dan saudara tidak tahu”, Katanya

Terkait proses perekrutan, Firman Gea menjelaskan bahwa proses perekrutan ini dilakukan sesuai jadwal tahapan yang ditetapkan melalui Keputusan KPU-RI Nomor : 534 tahun 2022, dan semua proses berlangsung normal tanpa adanya perpanjangan.

Tambahnya, ekspresi terkait cerita miring yang muncul selama ini melalui medsos, baiknya dilaporkan saja sesuai bukti harapnya. Namun PPS yang dilantik hari ini mohon bekerja dengan baik kedepan, kami tidak segan-segan bila dikemudian hari ada yang tidak mampu bekerja sebagaimana aturan yang ada, maka mohon maaf kita akan tindak tegas, imbuhnya.

Atasnama KPUD, Firman Gea mengucapkan apresiasi kepada masyarakat yang sudah antusias mengambil bagian melamar menjadi penyelenggara. Sejak pendaftaran dibuka, Ada ribuan pelamar yang mendaftar dan ingin menang. Namun sesuai penilaian bahwa PPS yang dilantik hari ini adalah yang terbaik.

“Tentu yang dilantik hari ini kami yakini adalah yang terbaik dan mampu bekerja menyelenggarakan pemilu ditingkat Desa atau Kelurahan”, Harapnya

Sebelumnya Sowa’a Laoli Wakil Walikota Gunungsitoli dalam sambutannya menyampaikan bersyukur dan bersama-sama dalam mengikuti acara pelantikan PPS, kami tidak luput mengucapkan selamat kepada PPS yang baru saja dilantik semoga amanah dalam menjalankan tugas nantinya, jangan tunduk kepada tekanan politik kepentingan pribadi, kelompok dan golongan,” paparnya,

“Pikirkanlah sebuah tanggungjawab yang harus dilakukan sebagaimana harapan regulasi yang ada” harapnya.

“Atas nama Pemerintah saya memberi apresiasi. Tentu sudah menjadi Tugas Pemerintah mendukung memfasilitasi suksesnya pelaksanaan Pemilu”, Terangnya

Usai pengambilan sumpah janji PPS, dilanjutkan dengan penandatanganan pakta integritas. Rencananya, seluruh PPS akan di Bimtek oleh KPU Kota Gunungsitoli.

(Red/KZ)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed