oleh

HPSN 2023, Bank Sampah PETRA membangung kesejahteraan Bersama lewat Program Kampung Pintar

Mediafonna.id | Tangerang Selatan, Bertepatan dengan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 21 Februari 2023 ini, Bank Sampah PETRA yang merupakan salah satu Unit Bisnis Pemuda Katolik Komda Banten diperkenankan mensosialisasikan program “Kampung Pintar” di hadapan Romo Kepala Paroki Se-Dekenat 2 Tangerang di Aula Paroki Gereja St. Barnabas Pamulang.

HPSN ini sebagai Refleksi kejadian longsornya gunung sampah di Leuwigajah Cimahi Kab. Bandung akibat meledaknya Gas Metana yang tertimbun dalam Sampah yang menghilangkan 100an jiwa lebih, Peduli Akan Sampah menjadi keharusan dan perlu dipilah dari sumbernya agar tidak terbuang langsung di TPA. Untuk itu dalam pertemuan Romo Paroki Di Dekanat 2 Tangerang perlu dibahas langkah nyata untuk menggerakan lapisan masyarakat. Sebagai sharing kegiatan Pemuda Katolik Komda Banten diundang untuk mensosialisasikan Pilah sampah lewat Bank Sampah.

Hadir juga dalam pertemuan ini Romo Vikjen KAJ Romo Samuel Pangestu. Pr. Beliau mengharapkan peran Pemuda Katolik lewat gerakan Bank Sampah dalam program Kampung Pintar ini dapat disosialisasikan di Pleno Paroki Paroki di Dekanat 2 Tangerang, sehingga dimungkinkan menjadi gerakan yang nyata dan masif dan dapat berkolaborasi dengan kegiatan Bank sampah yang sudah ada.

Harapan ini dikuatkan juga oleh Romo Rafael Maria Haryo Adi Pramono. OSC sebagai Romo Dekenat 2 Tangerang, dimana Bank Sampah ini nantinya dapat mendukung dan menciptakan kesejahteraan bersama sesuai Tema APP 2023 sehingga memberikan dampak sosial nyata di lingkungan khususnya.

Dalam sharingnya, Chandra Firmanto sebagai Ketua bidang Ekonomi dan Unit Bisnis Pengurus Pusat Pemuda Katolik kegiatan yang menghubungkan dengan Perusahaan Swasta Nara Synergi lewat Program Kampung Pintar, bahwa program ini harus melibatkan semua lapisan dalam bentuk kolaborasi yang terintegrasi dari hulu sampai hilir pemilahan dan pengolahan sampah sehingga dapat menghasilkan sebagai circular ekonomi yang memberdayakan. Dari hasil ekonomi pemilahan sampah ini dapat membantu membiayai anak2 yang putus sekolah oleh karena kurangnya biaya pendidikan sesuai harapan program ini nantinya

Ditambahkan juga oleh Agustinus Ismanto sebagai Direktur Bank Sampah PETRA, ini juga merupakan ujud bergerHAAK dari Seksi Pelayanan Masyarakat Gereja dalam masyarakat sebagai kontribusi nyata, karena dorongan dan dukungan dari Hirarki dalam mendukung program menjadi perlu dan penting sampai ketingkatan lingkungan terkecil.

Sebagai ujud nyata gerakan ini dimulai oleh gereja St. Monika BSD dengan melibatkan seksi ASAK dan Gereja St. Barnabas Pamulang di Kebon Darling. Kedepannya semua Paroki yang ada di Dekanat 2 Tangerang dapat ikut andil bergerak.

Memperingati HPSN juga Bank Sampah PETRA menyerahkan DropBox Tempat pemilahan sampah di Sekolah Mater Dei Pamulang, dalam mendukung kegiatan Sekolah Adiwiyata, semoga dapat mensosialisasikan sampah harus dipilah serta membentuk karakter peduli sampah anak.

#SadarLingkungan#
#Enterpreneurbanksampah#

 

(Red/Cicuz)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed