oleh

Menkumham RI Buka Munas VI HIMNI untuk Pembangunan Nias

Mediafonna.id|Nias – Himpunan Masyarakat Nias Indonesia (HIMNI) menggelar Musyawarah Nasional (Munas) VI di pantai Bozihona, Kecamatan Idanogawo, Kabupaten Nias selama tiga hari mulai 14 sampai 16 Juli 2023.

Munas yang mengusung tema “Menuju Nias Pulau Impian” tampak dihadiri Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly, para Kepala Daerah Se-Kepulauan Nias, unsur Forkopimda, para tokoh Agama/Masyarakat serta para undangan lainnya.

Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna Laoly sekaligus Ketua MPO DPP HIMNI membuka Musyawarah Nasional ke-VI Himpunan Masyarakat Nias Indonesia (HIMNI) di Pantai Bozihona Kecamatan Idanögawo Kabupaten Nias Jumat (14/07) serta memberikan orasi terkait strategi pembangunan dan perkembangan pembangunan Kepulauan Nias.

Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly menjawab isu moratorium pemekaran Pulau Nias.

“Terkait pemekaran Provinsi Kepulauan Nias, memang Pemerintah Pusat sedang berfokus pada pembangunan infrastruktur, membangun SDM, namun saya percaya bahwa HIMNI bisa melakukan pengkaderan, ini hanya bisa dicapai dengan kerja keras, kekompakan,” jelas Yasonna.

Menteri Hukum dan HAM RI itu berharap, potensi yang dimiliki Pulau Nias dapat terus digali dan memberikan nilai jual.

“Kita masih jauh dengan daerah lain tapi potensi kita tidak kalah jauh. Saya yakin dan percaya, Munas VI HIMNI ini akan melahirkan pemimpin dan pengurus terbaik,” imbuhnya.

Terkait dengan ketertinggalan Kepulauan Nias, Yasonna menyampaikan dengan membangkitkan potensi yang dimiliki Nias. Oleh karena itu diperlukan gerakan bersama untuk membangkitkan potensi-potensi di sektor perikanan dan kelautan, pariwisata serta diversifikasi holtikultura potensial yang dapat mendorong perekonomian.

Mengakhiri penyampaiannya, ditandai dengan pemukulan gong sebanyak 5 (lima) kali sebagai pesan sesuai dengan dasar negara Pancasila. “lima kali sama dengan Pancasila”, demikian tandasnya.

Sebelumnya Dalam laporan Ketua Panitia Munas VI HIMNI, Ya’atulo Gulo mengucapkan selamat datang kepada para peserta Munas.

“Atas nama Panitia dan segenap masyarakat Kabupaten Nias terkhusus Desa Boziihona mengucapkan selamat datang kepada Menteri Hukum dan HAM RI, Anggota DPR RI serta para Pengurus HIMNI se-Indonesia,” ucap Ya’atulo mengawali laporannya.

Ia mengatakan, Munas HIMNI ini nantinya akan membahas sejumlah isu strategis untuk kemajuan Kepulauan Nias.

“Selain konsolidasi kepengurusan HIMNI dari pusat sampai daerah, pada Munas ini akan mengulas kembali tiga progam besar HIMNI yakni pemekaran atau peningkatan status Kepulauan Nias menjadi provinsi, Nias menjadi destinasi wisata serta pemanfaatan sumberdaya alam,” ungkapnya.

Selain itu, Munas yang dihadiri lebih dari 500 orang pengurus HIMNI se-Indonesia akan melakukan pemilihan Ketua Umum HIMNI yang baru periode 2023-2027. (Red/KZ)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed