oleh

Pemaparan hasil penelitian dan program kerja Mahasiswa Praktikum Kerja Lapangan Antropologi USU dihadiri oleh Bapak Polres Dairi, Camat, Kades Tokoh Agama dan Tokoh Adat.

MediaFonna.id | Sumatra Utara – Tim Praktikum Kerja Lapangan Antropologi Desa Silahi 2 Sabungan, Kabupaten Dairi memaparkan hasil penelitian dan program kerja di kegiatan Coffe Night yang dihadiri oleh Bapak Polres Dairi, Camat, Kades Tokoh Agama dan Tokoh Adat.

Mengusung tema Penelitian “ Dampak Pariwisata terhadap Perekonomian Masyarakat Silahi Sabungan “, tim Praktikum Kerja Lapangan Antropologi melakukan wawancara secara langsung bersama warga selama 30 hari dari tanggal 09 Oktober hingga 09 November 2023
Tidak hanya penelitian, kegiatan mengajar ke sekolah menjadi program yang dilakukan di desa Silahi 2 Sabungan. Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sabungan, Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Silalahi Sabungan , Sekolah Dasar 030342 dan Sekolah Dasar 030343 menjadi lokasi mengajar dari tim.

Tim Praktikum Kerja Lapangan Antropologi juga melakukan kegiatan diskusi kepemudaan bersama Organisasi Orang Muda Katolik dan Kelompok Karyawan Muda Katolik. Kegiatan tersebut dihadiri oleh 50 orang meliputi para kelompok pemuda dan pemudi desa Silahi Sabungan. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Sopo Godang , Kecamatan Silalahi Sabungan, Kabupaten Dairi.
Wily Simbolon, Ketua Kelompok Praktikum Kerja Lapangan menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada Pihak Tokoh Agama , Tokoh Adat Raja Turpuk, Camat Silahi Sabungan, Kepada Desa Silahi 2, Kepada Sekolah Dasar Negeri 030342, Kepala Sekolah SMP Negeri 1 , Kepala Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Dan Polres Dairi yang langsung hadir dalam kegiatan Pemaparan Hasil Penelitian .
“Kegiatan kami disini bukan hanya sekedar melakukan penelitian, akan tetapi melakukan kegiatan diskusi kepemudaan dan mengajar ke setiap sekolah yang ada di desa ini.”
Desa ini juga menjadi tantangan bagi tim dalam melakukan penelitian.
“Yang paling menarik adalah ketika mengajar ke Sekolah Dasar Negeri 030343 yang aksesnya sangat sulit di lalui oleh kendaraan dikarena jalanan sangat sempit diselingi pepohonan dan jalan berbatuan. Sekolah tersebut hanya berjumlah 12 siswa dan berbatasan langsung antara Dairi dengan Samosir sehingga ada tantangan bagi kita untuk mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi memberikan pengabdian kepada Sekolah tersebut walaupun jarak tempuh dari lokasi penginapan sekitar 45 menit tidak melunturkan semangat untuk mengajar di Sekolah tersebut”, tutup Wily Simbolon.
Penutupan acara Coffe Night diawali dengan doa Pembuka dilanjutkan dengan Penampilan Sanggar Tari dan Kata Sambutan dari Polres Dairi,Camat Silahi Sabungan, Kepala Desa , Tokoh Agama, Tokoh Adat Raha Turpuk dan perwakilan dari tim Praktikum Kerja Lapangan Antropologi, dilanjut pemutaran vidio selama kegiatan dan pemaparan hasil penelitian dilapangan meliputi saran beserta solusi yang diberikan Tim Praktikum Kerja Lapangan kepada para hadirin. Acara ditutup dengan hiburan sanggar tari serta pemberian sebuah tulisan berupa hasil penelitian Mahasiswa Antropologi selama melakukan kegiatan penelitian 30 hari di Desa Silalahi Sabungan, Kabupaten Dairi, Provinsi Sumatera Utara.

Red/Cicuz

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed